Jumat, 07 Desember 2012

Cara Membuat Noken Papua

Oleh Lukas Syama (Meyok)

Teman-teman kali ini saya akan menjelaskan sedikit kepada anda tentang cara Membuat Noken Papua,
Mungkin sebagian besar teman-teman yang belum tahu tentang Noken Papua, untuk itu sebelum kita melangkah ke cara pembuatannya, saya akan menjelaskan dulu pengertian dari Noken itu sendiri.
Gambar Noken Papua
Noken adalah sejenis tas tradisional Papua yang terbuat dari kulit kayu Genemo (Mogokof). Noken merupakan kerajinan tangan khas Papua. Ada 250 etnis dan bahasa di Papua, namun semua suku memiliki tradisi kerajinan tangan Noken yang sama. Noken biasa dipakai untuk membawa barang seperti kayu bakar, tanaman hasil panen, sampai barang-barang belanjaan. Noken yang kecil biasa dipakai untuk membawa kebutuhan pribadi. Tak hanya itu, Noken juga dipakai dalam upacara dan sebagai kenang-kenangan untuk tamu. 
Cara pembuatannya: 
Ambil kulit kayu yang sudah diambil dari hutan, ditumbuk, kemudian dilakukan proses pengawetan yaitu dengan merendam ke dalam air agar serat kayu bertambah kuat. Lalu kulit kayu dipilin menjadi benang seperti tali kecil (string). Selanjutnya, tali kecil tersebut dianyam menjadi Noken. Saat menganyam dibentuk suatu “cincin” lalu diikat menjadi simpul mati. Di daerah Paniai, Noken diberi hiasan agar semakin menarik. Hiasan ini terbuat dari kulit pohon anggrek baik yang berwarna kuning emas atau pun yang berwarna hitam. Noken terbuat dari bahan alami yang ramah lingkungan. Tak hanya terbuat dari kulit kayu, Noken juga dibuat dari benang katun, bahkan dari benang wol.

Sekian penjelasan dari saya, smoga brmanfaat bagi Anda. :D

Itezzzoooo.......



1 komentar:

  1. boleh tanya ya? dibentuk seperti cincin dan diikat menjadi simpul mati itu gimana??

    BalasHapus